10 Film Horor Jadul yang Cocok untuk Halloween

Bulan Oktober identik dengan Halloween, dan Halloween pastinya identik dengan film horor. Bila beberapa tahun belakangan ini kita disuguhi film-film seram seperti Insidious, Sinister, hingga The Conjuring, tak ada salahnya kita ikut menikmati film-film horor lawas yang sebenarnya tak kalah seram. Berikut 10 film horor jadul yang tak boleh kalian lewatkan.

1. Halloween (1978)

Bicara film yang pas untuk hari Halloween, film yang satu ini tak boleh dilewatkan. Berkisah tentang Michael Myers yang pernah membunuh saat masih berusia 6 tahun dan masuk rumah sakit jiwa. 15 Tahun kemudian, ia kembali bergentayangan menjadi pembunuh di sebuah kota kecil sambil mengenakan kostum seorang mekanik dan bertopeng.

2. The Exorcist (1973)

The Exorcist sering disebut sebagai film terseram sepanjang masa, bahkan ada rumor yang mengatakan kalau film ini termasuk film terkutuk. Ceritanya mengenai pengusiran setan terhadap seorang gadis 12 tahun bernama Regan yang mengalami kerasukan setelah bermain ouija. Regan pun sering bertingkah aneh dan menyeramkan, mulai dari bicara kotor, memuntahkan cairan menjijikkan, hingga berjalan dalam posisi kayang.

3. The Shining (1980)

Seorang penulis bernama Jack Torrance menerima tawaran untuk menjaga hotel selama musim dingin. Jack bersama seorang istri dan anaknya yang masih kecil akhirnya menginap di hotel yang terisolasi dan jauh dari kota tersebut. Jack pun memanfaatkan waktunya untuk menulis, tapi eiring berjalannya waktu, sang istri dan anak Jack mulai menyadari ada yang tak beres di hotel tersebut.

4. Nightmare On Elm Street (1984)

Pembunuhan berantai mendadak terjadi di sebuah kota kecil. Anehnya, mereka semua terbunuh ketika sedang terlelap tidur. Setelah diselidiki, ternyata ada seorang pria bernama Freddy Krueger yang siap menghabisi korbannya lewat alam mimpi. Satu-satunya cara agar tidak terbunuh hanyalah dengan menghindari kantuk dan tidak tidur.

5. The Omen (1976)

Katherine, istri dari seorang dipolmat gagal melahirkan anaknya dengan selamat. Suaminya yang bernama Robert akhirnya mengadopsi bayi tanpa sepengetahuan Katherine, mengakuinya sebagai anak mereka yang baru lahir dan menamainya Damien. Kejadian-kejadian aneh pun mulai dialami keluarga ini, seorang pastur bahkan mengingatkan Robert bahwa mungkin Damien bukanlah anak manusia.

6. The Thing (1982)

Sekelompok peneliti harus berhadapan dengan alien yang sangat aneh. Alien ini memiliki kemampuan untuk meniru apapun yang ia sentuh, termasuk meniru seorang manusia dengan sama persis. Para peneliti pun harus bisa membedakan, mana teman mereka yang asli dan mana yang merupakan duplikat si alien.

7. Friday 13th (1980)

Seorang anak kecil bernama Jason Vorheess dikabarkan pernah tenggelam di danau Crystal Lake. Setahun berikutnya, terjadi pembunuhan mengerikan di tempat tersebut sehingga perkemahan Crystal Lake akhirnya ditutup dan dianggap terkutuk oleh banyak orang. Namun berpuluh-puluh tahun kemudian, sekelompok orang berusaha membuka kembali perkemahan tersebut dan harus menghadapi teror dari pembunuh sadis yang tidak diketahui identitasnya.

8. Scream (1996)

Seorang gadis SMA bernama Sidney Prescott harus menghadapi kenyataan bahwa teman dan kekasihnya dibunuh secara brutal. Sidney lalu mendapat teror dari si pembunuh yang menampakkan diri dengan jubah hitam dan topeng hantu. Di tengah rasa panik dan ketakutan, satu per satu orang di sekitar Sidney kembali terbunuh dan Sidney harus mencari tahu siapa sosok di balik topeng yang dijuluki Ghostface tersebut.

9. Poltergeist (1982)

Film ini menceritakan sebuah keluarga yang menempati rumah baru di sebuah kota kecil. Sayangnya mereka harus menghadapi sejumlah kejadian misterius yang tak bisa dijelaskan akal sehat. Si bungsu kerap terbangun tengah malam dan duduk di depan televisi, bahkan benda-benda di dalam rumah mendadak bergerak sendiri.

10. Pengabdi Setan (1980)

Siapa bilang Indonesia tidak punya film horor dengan kisah menyeramkan? Pada masanya, Pengabdi Setan sempat booming dan disebut-sebut sebagai film paling menakutkan. Kisahnya dimulai ketika seorang ibu dari keluarga kaya meninggal dunia. Tak lama setelah itu, satu per satu anggota keluarga harus berhadapan dengan teror yang mengancam nyawa mereka.

Selain versi tahun 80-an, kalian juga bisa menonton Pengabdi Setan versi reboot garapan Joko Anwar yang tak kalah menyeramkan.

%d bloggers like this: