10 Grup Kpop Paling Populer di Spotify, Idolamu Nomor Berapa?

Popularitas penyanyi atau grup Kpop bisa diukur dari banyak hal, salah satunya adalah dengan melihat jumlah pendengar bulanan lagu-lagu mereka di Spotify. Nah, dari sekian banyak musisi di Korea Selatan, siapa saja yang termasuk dalam daftar 10 grup Kpop terpopuler di Spotify?

10. EXID — 888.583 pendengar bulanan

EXID merupakan salah satu gilrband asal Korea yang beranggotakan Solji, LE, Hani, Hyelin, dan Jeonghwa. Grup yang terbentuk pada tahun 2012 ini sangat populer dengan lagu mereka yang berjudul ‘Up & Down’ dengan tarian khasnya.

9. MONSTA X — 913.483 pendengar bulanan

MONSTA X berdiri pada tahun 2015 lewat sebuah program survival bertajuk ‘No Mercy’ di Mnet. Walau tergolong baru, MONSTA X sudah mengeluarkan beberapa lagu hits, salah satunya adalah ‘Shine Forever’ yang rilis tahun 2017 lalu. Kini mereka pun termasuk salah satu grup yang paling diperhitungkan di dunia musik Kpop.

8. KARD — 923.725 pendengar bulanan

Berbeda dari grup Kpop kebanyakan, KARD yang resmi debut tahun 2016 ini terdiri dari 2 member pria dan 2 member wanita. Kemunculan mereka pun memberikan warna segar pada industri musik, bahkan KARD langsung sukses mempopulerkan sejumlah lagu andalan mereka seperti ‘Rumor’ dan ‘Hola Hola’.

7. WINNER — 973.845 pendengar bulanan

Grup yang dibentuk oleh YG Entertainment ini berdiri pada tahun 2014 lalu lewat program survival ‘WIN: Who is Next’. Sayangnya, WINNER yang awalnya beranggotakan 5 orang member ini harus kehilangan 1 personelnya pada tahun 2016. Namun grup ini tetap berjaya di industri musik, buktinya mereka bisa melejitkan lagu-lagu hits seperti ‘Really Really’, ‘Love Me Love Me’, dan ‘Island’.

6. Seventeen — 1.117.010 pendengar bulanan

Seventeen atau yang sering disingkat sebagai SVT ini dibentuk tahun 2015 dan terdiri dari 13 orang member. Uniknya, grup yang satu ini memiliki beberapa sub-unit dengan keahlian yang berbeda, yaitu ‘Hip-Hop Unit’, ‘Vocal Unit’, dan ‘Performance Unit’. Seperti kebanyakan grup lainnya, Seventeen juga turun tangan langsung dalam setiap pembuatan lagu, album, bahkan koreografi.

5. BIGBANG — 1.609.238 pendengar bulanan

Siapa yang tak kenal BIGBANG? Grup senior yang sangat dihormati di Korea Selatan ini sudah pasti memiliki banyak sekali penggemar bahkan lagu-lagunya masih sering didengar di Spotify. Sayangnya, saat itu grup pelantun ‘Bang Bang Bang’ tersebut harus vakum untuk sementara waktu karena para membernya mulai sibuk mempersiapkan wajib militer.

4. BLACKPINK — 1.727.766 pendengar bulanan

‘Adik’ dari BIGBANG ini usianya memang belum genap 2 tahun sejak debut di tahun 2016 lalu, namun popularitas grup yang beranggotakan Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa ini langsung meroket sejak pertama kali muncul dengan lagu ‘Whistle’ dan ‘Boombayah’. Saat ini pun mereka semakin mengukuhkan diri sebagai grup papan atas setelah sukses dengan hits ‘As If It’s Your Last’ yang rilis pada tahun 2017 lalu.

3. EXO — 1.733.771 pendengar bulanan

Salah satu pentolan SM Entertainment ini juga sangat populer di Spotify hingga berhasil menggaet jutaan pendengar bulanan. EXO yang resmi debut pada tahun 2012 ini awalnya terdiri dari 12 orang member dengan 2 sub-unit, yaitu EXO-K dan EXO-M. Sayangnya 3 member yang berasal dari Cina memilih hengkang karena suatu hal, tapi bagaimanapun juga popularitas EXO sama sekali tidak menurun dan tetap jadi salah satu grup terbesar di industri Kpop.

2. Red Velvet — 1.795.908 pendengar bulanan

Sebagai grup SM Entertainment, tak sedikit orang yang menganggap kalau Red Velvet tidak sepopuler senior-seniornya, bahkan banyak yang masih membanding-bandingkan kesuksesan Red Velvet dengan seniornya seperti SNSD dan f(x). Terlepas dari itu semua, Red Velvet yang debut pada tahun 2014 berhasil membuktikan kemampuan mereka dalam menyanyi dan menjadi grup Kpop kedua dengan pendengar bulanan Spotify terbanyak.

1. BTS — 6.873.603 pendengar bulanan

BTS debut di tahun 2013 lalu lewat Big Hit Entertainment yang saat itu tidak termasuk agensi besar, bahkan banyak orang yang meremehkan grup tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, BTS perlahan-lahan mulai meraih popularitas dengan mengeluarkan beberapa lagu hits seperti ‘I NEED U’, ‘Run’, ‘Dope’, ‘Fire’, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, BTS kini juga dikenal banyak orang di seluruh dunia dan jadi salah satu grup paling diperhitungkan di Korea.

%d bloggers like this: