Kenapa Popcorn Jadi Camilan Wajib di Bioskop? Ini Sejarahnya

popcorn1

Hampir semua bioskop di dunia pasti menyediakan makanan kecil berupa popcorn, tak terkecuali di Indonesia. Bahkan saat memasuki area bioskop, aroma popcorn yang khas pasti akan langsung menyambut Anda. Tapi pernahkah Anda berpikir kenapa popcorn selalu jadi camilan wajib saat menonton film?

Alasan pertama yang mungkin terpikir adalah karena popcorn tidak menimbulkan suara berisik ketika dimakan. Seperti yang kita tahu, suara berisik memang haram hukumnya di dalam studio bioskop. Tapi, ternyata popcorn memiliki sejarah tersendiri sampai makanan kecil ini selalu ada di setiap gedung bioskop.

Dikutip dari smithsonian.com, popcorn ditemukan sekitar 8.000 tahun yang lalu dan menjadi populer di Amerika. Selain aromanya, biji jagung yang meletup-letup saat proses pembuatan rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang.

Tahun 1885, Charles Cretor mengembangkan mesin pembuat popcorn yang lebih mobile. Hal ini membuat popcorn jadi lebih mudah ditemukan di mana-mana. Saat itu popcorn banyak dijual di event-event seperti sirkus, pameran, festival olahraga, dan spot-spot tempat hiburan lainnya. Tapi ternyata, saat itu bisokop malah jadi satu-satunya tempat yang melarang keberadaan popcorn di gedungnya.

Pihak bioskop rupanya ingin gedungnya tetap terlihat bersih dan mewah tanpa remah-remah popcorn yang bertebaran di lantai. Apalagi, pada masa itu film-film bioskop masih belum bersuara, sehingga suara sekecil apapun (termasuk suara saat ngemil popcorn) dikhawatirkan merusak suasana ketika menonton film.

Namun semuanya berubah sejak sekitar tahun 1927-1930, tepatnya ketika film-film sudah ditambahkan suara. Penonton mulai diperbolehkan membawa makanan ke dalam bioskop. Bahkan pada masa-masa itu, bioskop-bioskop yang tidak memiliki mesin popcorn diketahui mengalami penurunan profit dibandingkan bioskop yang ikut menjual popcorn.

Hubungan popcorn dan bioskop semakin kuat sejak Perang Dunia II. Saat itu Amerika kekurangan impor gula dan mempengaruhi keberadaan snack lain seperti permen atau soda. Akibatnya, orang-orang pun beralih pada popcorn yang relatif murah dan tetap manis tanpa gula.

Selain alasan ekonomis, popcorn termasuk snack yang mudah dibuat, tidak membutuhkan dapur atau ruangan besar. Dibandingkan makanan lain, popcorn merupakan snack paling fresh yang bisa didapatkan pembeli saat akan menonton film. Tak heran, bila sampai saat ini popcorn selalu ditemukan di bioskop manapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *