5 Cerita Hantu Paling Klise, 90% Orang Pasti Pernah Mendengarnya

Cerita hantu memang selalu menarik untuk dibicarakan. Terlepas dari kebenarannya, kisah-kisah seram yang berhubungan dengan makhluk astral selalu mengundang penasaran. Berikut ini adalah 5 cerita hantu yang sangat umum dan paling sering didengar orang.

1. Hantu wanita diperkosa dan dibunuh

Dalam cerita-cerita horor, biasanya hantu memiliki latar belakang kisah yang mengenaskan dan tragis, terutama bila hantu tersebut berwujud perempuan atau lebih sering dikenal sebagai kuntilanak. Cerita yang paling sering didengar adalah hantu itu dulunya seorang wanita muda yang mati setelah diperkosa dan dibunuh.

2. Hantu kepala gelinding (gundul pringis)

Cerita horor tentang kepala menggelinding juga cukup sering terdengar. Alur setiap kisah juga hampir mirip: ada seseorang yang berjalan di dekat pepohonan (biasanya pohon kelapa), lalu mengaku mendengar ada buah kelapa jatuh. Tapi saat didekati, ternyata itu bukan buah kelapa melainkan kepala dengan wajah menyeringaj seram. Di beberapa kasus, kabarnya hantu seperti ini bisa mengejar orang dengan cara menggelinding.

3. Hantu ‘sudah malam atau sudah tahu?’

Ini kisah hantu paling umum dan biasa terdengar di kalangan mahasiswa. Kisah ini mulai ramai dibicarakan sejak sekitar 10 tahunan lalu di salah satu kampus. Saat cerita hantu ini pertama kali muncul, hampir semua orang percaya. Tapi karena cerita ini terlalu sering muncul (bahkan setiap kampus punya cerita yang sama), kevalidan cerita pun mulai dipertanyakan.

Walau ada banyak variasi cerita, umumnya ceritanya akan terdengar seperti ini:

Ada seorang mahasiswa (A) yang masih berada di perpustakaan kampus hingga malam. Ia duduk dan mengerjakan tugas di salah satu meja. Di seberangnya ada mahasiswa lain (B) yang sama-sama mengerjakan sesuatu, dan mereka kadang mengobrol singkat.

Baca Juga: 7 Hantu Ikonik yang Gentayangan di Film Horor

A lalu tidak sengaja menjatuhkan pensil ke lantai. A kemudian membungkuk ke bawah meja untuk mengambil pensil, tapi di waktu yang sama … saat ia melihat ke arah seberang, ia tidak melihat kaki B yang artinya B hanya setengah badan alias hantu.

A menegakkan tubuh dan berusaha cool. Beberapa menit kemudian ia pamit mau pulang pada si B.

“Aku mau pulang dulu, soalnya udah malam,” katanya.

Tapi si B menjawab. “Udah malam atau udah tahu?!!”

Dan si A pun kabur ketakutan

4. Dosen hantu/mahasiswa hantu

Sekolah atau kampus memang gudangnya cerita horor. Salah satu kisah yang cukup populer adalah keberadaan dosen hantu atau mahasiswa hantu.

Menurut cerita yang banyak beredar, ada sejumlah mahasiswa yang kuliah malam dan sudah duduk di dalam kelas. Tak lama kemudian dosen pun datang dan langsung mengajar. Di tengah perkuliahan, salah seorang mahasiswa mendapat SMS dari dosen asli yang mengatakan kalau kuliah ditiadakan karena si dosen sedang tidak bisa hadir. Lalu siapa dosen yang sedang mengajar?

Tak hanya dosen, kisah mahasiswa hantu juga sering terdengar. Mulai dari ruang kelas yang diisi mahasiswa di malam hari padahal sedang tidak ada jadwal kuliah, sampai cerita tentang adanya satu mahasiswa pucat di antara mahasiswa lain, dan ketika ditunjuk oleh dosen, mahasiswa lainnya kebingungan karena karena mahasiswa itu adalah hantu dan hanya bisa dilihat si dosen.

5. Hantu pembalut

Menurut cerita yang beredar, ada seorang gadis di sebuah kost yang sedang datang bulan. Ia lalu ke kamar mandi untuk mengganti pembalut. Setelah selesai dan sudah keluar dari kamar mandi, gadis itu baru ingat kalau ia belum membersihkan/membuang pembalut yang masih penuh darah. Saat ia kembali ke kamar mandi, betapa terkejutnya ia karena di sana ada hantu berwujud nenek-nenek yang sedang asyik menjilati darah di pembalut tersebut.

%d bloggers like this: