5 Foto dan Berita Hoax Setelah Gempa Lebak Banten, Jangan Keburu Percaya dan Asal Share!

Banten, Jakarta, dan sekitarnya diguncang gempa 6,1 SR pada hari Selasa (23/1/18) kemarin dan menimbulkan kepanikan di masyarakat. Sayangnya, sejumlah orang tak bertanggung jawab justru semakin memperkeruh suasana dengan menyebarkan berita hoax.

Mulai dari foto yang memperlihatkan jalanan hancur hingga peringatan gempa susulan, ini dia 5 berita hoax yang sempat viral di media sosial terkait gempa di Lebak, Banten.

1. Jalanan retak dan terbelah

Pasca terjadinya gempa, sebuah foto yang memperlihatkan jalan aspal rusak mendadak beredar di media sosial dan menghebohkan warganet. Banyak yang mengklaim bahwa jalan itu retak parah akibat gempa yang berpusat di Lebak, Banten. Faktanya, itu adalah jalan Yogya-Wonosari dan tidak ada kaitannya dengan gempa di Banten.

2. Masjid roboh

Foto sebuah masjid yang rusak parah juga menyebar di dunia maya. Kebenaran dari foto ini masih belum bisa dipastikan, namun ada netizen yang menyebutkan bahwa masjid itu sebenarnya tidak roboh karena gempa Banten.

3. Truk bergoyang

Video yang memperlihatkan truk bergoyang juga menghebohkan banyak orang, apalagi ditambah suara teriakan sehingga menambah ngeri suasana. Tapi faktanya, truk itu tidak bergoyang karena gempa di Banten. Truk-truk tersebut rupanya ada di atas kapal di Gilimanuk dan sedang dihantam ombak besar.

4. Apartemen miring

Sebuah video yang menunjukkan suasana di sekitar Margonda, Depok, pasca gempa Banten juga beredar di media sosial. Yang bikin heboh, si perekam mengatakan bahwa apartemen di kawasan tersebut menjadi miring akibat diguncang gempa. Namun hal ini sudah dibantah oleh pihak pengelola yang menyebutkan kalau gedung apartemen tersebut sama sekali tidak miring.

5. Peringatan gempa susulan

Berita meresahkan lainnya adalah adanya peringatan gempa susulan yang diprediksi akan terjadi di wilayah Jabodetabek pada hari Selasa (23/1/18) malam. Berita inipun tampak meyakinkan karena disertai dengan foto surat dari BMKG yang berisi peringatan gempa.

Faktanya, ini adalah berita hoax. Pihak BMKG pun menegaskan bahwa mereka tidak pernah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai gempa susulan, apalagi gempa bukanlah sesuatu yang bisa diprediksi begitu saja, apalagi sampai bisa mengetahui lokasi, waktu, hingga besarnya kekuatan gempa bumi.

Nah, itulah 5 berita hoax yang sempat menghebohkan warganet baru-baru ini. Yuk jadi netizen yang yang cerdas, biasakan cari tahu dulu kebenarannya sebelum meng-share berita, karena kalau ternyata berita yang kita bagikan adalah hoax, berarti kita ikut merugikan dan meresahkan banyak orang.

%d bloggers like this: