5 Olahraga Terbaik Bagi Tubuh, Lari Tidak Termasuk Lho!

Olahraga adalah salah satu cara agar tubuh kita tetap sehat, tapi tampaknya ada sedikit salah kaprah mengenai hubungan antara olahraga dan kesehatan. Jujur saja deh, kebanyakan dari kita pasti mengira kalau semakin berat olahraga yang kita lakukan, maka tubuh kita akan semakin sehat dan kuat.

Dr I-Min Lee, seorang profesor kedokteran di Harvard Medical School rupanya tidak setuju dengan konsep tersebut. Dikutip dari Dailymail, Dr Lee justru mengungkapkan bahwa olahraga berat seperti lari dalam jarak yang panjang sebenarnya tidak baik bagi sendi dan sistem pencernaan. Sebaliknya, Dr Lee malah menyarankan melakukan 5 olahraga berikut yang tergolong lebih ringan tapi memiliki efek yang baik.

1. Renang

Dr Lee mengatakan bahwa renang adalah olahraga yang sempurna karena saat kita berenang, hampir semua anggota tubuh/otot ikut bergerak. Berenang selama 30-45 menit sangat baik untuk jantung sekaligus mencegah penurunan fungsi otak akibat usia. Renang juga bagus untuk menurunkan resiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan stroke, dapat meningkatkan mood serta menjaga berat badan.

 

2. Tai Chi

Tai chi termasuk seni bela diri yang sebenarnya sangat bagus bagi kesehatan karena mengkombinasikan relaksasi dan pernafasan. Menurut Dr Lee, tai chi sangat baik dilakukan oleh siapa saja tapi sangat dianjurkan bagi orang-orang lanjut usia karena tai chi bisa membantu menjaga keseimbangan tubuh. Tai chi juga terbukti mampu mengurangi stres, menjaga bentuk tubuh, meningkatkan keseimbangan dan gerak, serta meningkatkan kekuatan otot kaki.

 

3. Latihan kekuatan

Olahraga yang satu ini biasanya membutuhkan alat seperti barbel atau dumbel. Latihan yang rutin bisa membantu mengurangi lemak, meningkatkan massa otot, menguatkan tulang, dan meningkatkan metabolisme untuk membakar kalori lebih banyak.

 

4. Berjalan

Alih-alih lari, berjalan 20 menit secara rutin setiap hari bisa meningkatkan kesehatan Anda. Universitas Cambridge pernah melakukan penelitian terhadap 334.000 orang dan menemukan fakta bahwa mereka yang melakukan aktivitas kecil secara rutin ternyata memiliki kesehatan yang lebih baik. Studi lain menyebutkan bahwa orang dewasa yang berjalan 30 menit selama 4 hari/minggu bisa memperbaiki area otak yang berhubungan dengan memori sekaligus menurunkan depresi.

 

5. Latihan Kegel

Latihan kegel bisa menjaga kesehatan di area panggul, misalnya meningkatkan kontrol buang air kecil dan meningkatkan kemampuan seksual. Cara latihan ini sangat mudah, yaitu dengan cara menekan otot seperti yang biasa Anda lakukan ketika menahan kencing atau kentut. Lakukan selama 2-3 detik, lepaskan, dan ulangi hingga 10 kali. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan latihan ini selama 4-5 kali setiap hari.

%d bloggers like this: