7 Hantu Ikonik yang Gentayangan di Film Horor

Jumlah film horor saat ini memang sudah tak terhitung. Baik film lokal maupun mancanegara, semuanya berlomba-lomba menampilkan cerita mistis dengan hantu-hantu yang menyeramkan. Tapi, dari sekian banyak hantu yang pernah muncul di sebuah film horor, hanya ada beberapa yang benar-benar ikonik yang langsung dikenali oleh banyak orang sekaligus membuat orang teringat dengan film horor tertentu setelah melihat hantu tersebut.

1. Sadako

Sadako

Apa yang kalian pikirkan ketika melihat sosok wanita berambut panjang, berbaju putih, keluar dari sumur lalu mendadak muncul dari layar televisi? Yap, Kebanyakan orang pasti teringat dengan Sadako yang populer di film Ringu (1998). Muncul dari TV seolah sudah jadi hak paten bagi Sadako, sehingga apabila ada hantu lain yang melakukan hal serupa, orang-orang pasti akan bilang “Mirip Sadako!”.

2. Kayako

kayako

Nama Kayako dari film Ju-On mungkin tidak sepopuler Sadako, sebagian orang bahkan lebih sering menyebutnya sebagai ‘hantu Ju-On‘ ketimbang namanya, tapi Kayako bisa dianggap sebagai cikal bakal sosok-sosok hantu yang banyak beredar di film-film horor masa kini. Tulang gemeretak, suara tercekik, gerakan patah-patah, dan aksi merangkak adalah ciri khas Kayako yang super menyeramkan.

3. Toshio

Toshio

Sekarang mari kita bicarakan anak Kayako yang bernama Toshio. Dibandingkan dengan sang ibu, Toshio sebenarnya lebih ikonik karena … ya, bayangkan saja Anda melihat sosok anak kecil berwajah dan bertubuh pucat, berambut hitam lurus dengan poni pagar, tidak memakai baju lalu jongkok di suatu tempat, Anda pasti akan langsung teringat dengan sosok Toshio, bukan?

4. Valak

Valak

Film horor barat juga punya hantu yang cukup ikonik, salah satunya adalah Valak yang populer berkat film The Conjuring 2. Setelah film tersebut rilis, hampir semua orang (termasuk yang tidak suka film horor) pasti mengenal siapa Valak. Valak digambarkan sebagai hantu suster berwajah cenderung tua, kulit putih pucat, serta area mata dan mulut yang menghitam. Siapapun yang punya dandanan seperti itu, pasti akan mengingatkan orang pada sosok Valak.

5. Casper

Casper

Nah, bila tadi kita berbicara tentang hantu-hantu seram, sekarang kita beralih ke sosok hantu imut dan lucu. Sosok Casper memang tidak mudah dilupakan meskipun memiliki wujud yang super sederhana. Casper digambarkan sebagai hantu anak kecil bertubuh transparan, berkepala botak, dan selalu terbang melayang. Yaah…walau terlihat menggemaskan, kalau Casper benar-benar terlihat di dunia nyata mungkin akan tetap menyeramkan, ya?

6. Slimer

Slimer

Slimer atau Onionhead merupakan hantu ikonik yang apabila muncul di film lain (atau bahkan dunia nyata) pasti akan mengingatkan orang pada film Ghostbusters. Slimer adalah hantu ektoplasma berwarna hijau dengan wajah yang ngeselin. Ia juga punya dua tangan kurus, berlendir, dan dikenal memiliki selera makan yang besar.

7. Pocong Mumun

pocong mumun

Eits…siapa bilang Indonesia tidak punya sosok hantu ikonik yang muncul dari sebuah film? Ternyata memang ada, lho! Hantu yang ada di film-film horor lokal memang kebanyakan berasal dari mitos yang sudah banyak beredar di masyarakat, baik itu kuntilanak, pocong, suster ngesot, dan masih banyak lagi, sehingga tidak bisa dianggap sebagai hantu ikonik yang menjadi ciri khas sebuah film.

Tapi, sebagian besar orang (terutama generasi 90’an) pasti ingat dengan sosok pocong perempuan berwajah pucat serta mata yang menyala hijau. Yup, dialah pocong Mumun yang muncul dalam sinetron berjudul Jadi Pocong.

%d bloggers like this: