Balikan Sama Mantan? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Ini

 

Banyak yang beranggapan bahwa kembali menjalin hubungan dengan mantan kekasih adalah hal yang tidak pantas dilakukan atau bahkan memalukan. Seseorang yang balikan dengan mantan kadang dituding plin-plan, susah move on, atau malah dicap bodoh. Tapi benarkah kembali pada mantan adalah perbuatan bodoh?

Sebenarnya tak ada yang salah bila kita ingin kembali pada mantan dan memperbaiki hubungan, apalagi kalau kita benar-benar masih menyayangi dan sulit melupakan si dia. Tapi, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal ini dulu sebelum balikan.

 

  • Penyebab putus

Apa penyebab putusnya hubungan terdahulu? Sama-sama sibuk? Beda prinsip? Dia selalu berbuat kasar? Dia tidak peduli dan tidak perhatian? Atau mungkin dia selingkuh?

Tak peduli seberapa besar cinta kita pada mantan, bila ternyata penyebab putusnya adalah hal-hal yang krusial yang berhubungan dengan sifat seseorang (misalnya pengkhianatan), sebaiknya kita melupakan mantan dan segera move on. Bahkan bila si mantan berjanji akan berubah, jangan langsung percaya karena tak semua orang bisa mengubah sifatnya dengan mudah. Tapi bila Anda masih ingin memberi dia kesempatan untuk berubah, biarkan dia membuktikannya tanpa harus kembali berpacaran dengannya.

  • Alasan ingin balikan dengan mantan

Benarkah karena masih sayang? Atau hanya kesepian? Bila cuma karena kesepian, tolong jangan ganggu mantan Anda lagi dan biarkan dia berbahagia dengan kehidupan barunya. Percayalah, hubungan yang didasari karena rasa kesepian dan bosan tidak akan bertahan lama.

  • Hubungan setelah putus

Kebanyakan mantan pasangan kekasih memiliki hubungan yang canggung bahkan buruk, tapi ada pula mereka yang tetap berteman baik meskipun sudah putus. Bila hubungan Anda dan si mantan masih baik-baik saja bahkan masih terkesan dekat, rasanya tak ada salahnya untuk mencoba kesempatan kedua. Tapi bila hubungan sudah memburuk (misalnya dia selalu menghindar, menjaga jarak, malas bertemu Anda), sebaiknya tidak perlu memikirkan dia lagi.

  • Ketahui perasaan mantan yang sebenarnya

Bila si mantan tetap berhubungan baik dengan kita, bukan berarti dia masih ingin kembali berpacaran dengan kita. Janganlah jadi orang bodoh yang mengejar-ngejar mantan tanpa tahu bagaimana perasaan dia yang sebenarnya.

Kalau dia masih tetap single dan terus menunjukkan sikap atau tanda-tanda bahwa dia masih menyayangi kita, ini tentu hal yang positif. Tapi bila tidak, atau bahkan dia sudah memiliki kekasih yang baru, sebaiknya kita tidak perlu mengganggunya lagi.

%d bloggers like this: