Bukan Cuma Wajib, Ini 5 Manfaat Pakai Hijab Bagi Wanita Muslimah

Memakai hijab adalah hal yang wajib dilakukan oleh seorang muslimah. Di sisi lain, beberapa tahun belakangan ini hijab seolah sudah menjadi tren fashion di kalangan wanita. Lalu apa saja sih keuntungan berhijab?

Dalam koridor agama, keuntungannya tentu sudah jelas. Dengan berhijab, berarti kita mematuhi perintah Allah yang artinya kita dan keluarga akan terhindar dari dosa. Namun di luar masalah agama, ternyata hijab memiliki banyak manfaatnya lho bagi kita.

1. Melindungi rambut

Berhijab bisa melindungi kepala kita dari sinar matahari dan debu. Seperti yang kita tahu, rambut sangat mudah rusak apabila terpapar debu, polusi, dan sinar matahari secara langsung. Jadi hijab bisa membuat kita bebas beraktivitas di luar rumah tanpa takut rambut rusak.

2. Melindungi kulit

Sama seperti rambut, kulit juga sangat rentan dengan sinar matahari. Bila terlalu sering terpapar sinar UV, sel-sel kulit akan rusak dan bisa menyebabkan penuaan dini seperti kulit kering, tidak lentur, serta keriput.

3. Menutupi kekurangan rambut

Sebagian wanita pasti pernah mengalami kerusakan rambut, mulai dari rambut kusut, kering, bercabang, atau bahkan salah potong rambut saat di salon. Bagi wanita muslimah berhijab, hal itu bukanlah masalah besar karena semuanya bisa ditutupi dengan berhijab.

4. Hemat biaya salon

Dengan berhijab, kita otomatis tidak akan terlalu ribet memikirkan gaya rambut. Artinya, kita juga bisa berhemat dengan mengurangi anggaran ke salon. Tapi, bukan berarti perawatan rambut ditinggalkan begitu saja, ya. Walau berhijab, rambut harus tetap dirawat agar selalu sehat.

5. Menghindari pelecehan seksual

Diakui atau tidak, wanita yang tidak berhijab biasanya lebih menarik perhatian para pria hidung belang. Meski tidak menutup kemungkinan bahwa wanita berhijab bisa mendapat pelecehan seksual yang sama, namun berhijab dan berpakaian sopan adalah salah satu usaha kita sebagai seorang muslimah untuk melindungi diri.

Itulah 5 manfaat hijab bagi muslimah, jadi jangan pernah berpikir bahwa berhijab itu merepotkan atau tidak berguna, karena apa yang Allah tetapkan bagi manusia pasti baik dan tidak akan sia-sia.

%d bloggers like this: