Inilah 6 Grup Kpop Terbaik Pilihan Majalah TIME

Hallyu wave alias demam Kpop tampaknya masih menyebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia yang beberapa tahun lalu sempat kebanjiran boyband/girlband ala-ala Korea. Bila dulu kita sering disuguhi lagu-lagu dari grup ternama seperti TVXQ, Super Junior, SNSD, atau BIGBANG, saat ini sudah banyak grup Kpop yang lebih baru yang seolah meneruskan ‘tugas’ para seniornya untuk menyebarkan Kpop ke seluruh dunia.

 

Dari sekian banyak grup yang bermunculan di negeri gingseng, majalah TIME rupanya sudah memilih 6 grup Kpop yang saat ini sedang naik daun dan wajib untuk diketahui oleh semua Kpopers, terutama mereka yang baru mengenal lagu-lagu Kpop. Siapa saja 6 grup tersebut?

1. BTS

Grup yang bernaung di bawah agensi Big Hit Entertainment ini mencuri perhatian dunia ketika mendapat nominasi sekaligus memenangkan penghargaan Top Social Artist di Billboard Music Awards 2017. Sejak saat itu popularitas BTS terus meningkat bahkan sempat diundang ke beberapa acara terkenal di Amerika seperti American Music Awards, The Ellen DeGeneres Show, The Late Late Show, hingga tampil di konser Jimmy Kimmel Live!

Lalu apa yang membuat banyak orang menyukai BTS? Selain soal suara dan tarian energik di atas panggung, grup ini juga digemari karena selalu turun tangan langsung dalam pembuatan lagu/album, mereka juga kerap menyinggung isu sosial yang mereka kemas dalam sebuah lagu agar bisa diterima dengan baik oleh para penggemar. Tak jarang juga BTS dengan sadisnya menyindir para haters lewat diss track seperti lagu Chyper dan ‘MIC Drop’, tapi justru inilah keunikan BTS yang disukai oleh semua fans.

2. TWICE

TWICE beranggotakan 9 orang member dari beberapa negara, mulai dari Korea Selatan, Jepang, hingga Taiwan. Sejak awal kemunculannya, TWICE langsung dibanding-bandingkan dengan dengan grup-grup Kpop terdahulu, misalnya saja SNSD yang sama-sama beranggotakan 9 member. Walau begitu TWICE berusaha menunjukkan warna mereka sendiri dan kini sukses menjadi salah satu grup Kpop paling populer di dunia.

Keunikan TWICE terletak pada lagu-lagunya yang selalu catchy dan mudah diingat. Selain itu koreografi dengan gesture tertentu selalu jadi andalan grup yang dibentuk oleh agensi JYP Entertainment tersebut. Contohnya saja gerakan ‘shy shy shy‘ pada lagu ‘Cheer Up’ atau gerakan menangis di lagu ‘TT’, nyaris semua pencinta lagu Kpop bahkan idol sekalipun mengenal gerakan tersebut .

3. EXO

Siapa yang tak kenal EXO? Grup dari SM Entertainment ini debut sejak tahun 2012 lalu dan langsung menjadi salah satu grup terpopuler di Korea Selatan. Tak hanya suara emas dan wajah tampan, EXO berhasil menggaet banyak penggemar lewat kemahiran dan bakat yang dimiliki oleh setiap personelnya, mulai dari menari, bermain alat musik, akting, hingga kepribadian tiap member yang selalu dianggap menarik sekaligus menggemaskan bagi para penggemar.

Sejak debut, EXO selalu berhasil mempopulerkan lagu yang sampai saat ini masih sering didengarkan oleh banyak orang, sebut saja ‘Growl’, ‘Overdose’, ‘Call Me Baby’, ‘Monster’, hingga ‘Ko Ko Bop’. Uniknya, EXO dari dulu memiliki konsep yang sedikit berbeda dari grup-grup lainnya, yaitu setiap member memiliki ‘kekuatan’ yang berbeda-beda, seperti kekuatan api, air, angin, teleportasi, dan masih banyak lagi.

4. Red Velvet

Red Velvet yang debut di tahun 2014 awalnya hanya beranggotakan 4 orang, yaitu Irene, Wendy, Seulgi, dan Joy. Mereka muncul dengan lagu debut ‘Happiness’ dan langsung mencuri perhatian banyak pencinta Kpop pada saat itu. Di bulan Maret 2015, grup ini kemudian menambah 1 orang member lagi bernama Yeri dan terus berlima sampai sekarang. Selama perjalanan karier mereka, grup yang mengedepankan musik pop dan R&B ini sudah berhasil melejitkan banyak lagu, misalnya ‘Ice Cream Cake’, ‘Dumb Dumb’, ‘Russian Roulette’, ‘Red Flavor’, ‘Peek-A-Boo’, hingga yang terbaru yang berjudul ‘Bad Boy’.

5. iKON

Seperti beberapa grup Kpop lainnya, iKON juga lahir dari sebuah acara atau program survival yang diselenggarakan oleh YG Entertainment, yaitu ‘WIN: Who is Next’ yang kemudian berlanjut ke acara survival lainnya yang bertajuk ‘Mix & Match’. iKON yang beranggotakan 7 orang ini akhirnya berhasil debut pada tanggal 15 September 2015 dengan album ‘Welcome Back’.

Setelah sempat tertunda cukup lama, grup pelantun ‘Bling Bling’ ini akhirnya comeback dengan album baru berjudul ‘Return pada tanggal 25 Januari 2018. Lagu andalan mereka, ‘Love Scenario’, hadir dengan musik yang cukup easy listening, melankolis, tapi tetap upbeat sehingga disukai oleh banyak orang.

6. Seventeen

Seventeen dibentuk oleh Pledis Entertainment pada tahun 2015 dan memiliki 13 orang personel. Para membernya lalu dibagi menjadi 3 sub-unit dengan keahlian yang berbeda-beda, yaitu Hip Hop Unit, Vocal Unit, dan Performance Unit. Seventeen memiliki 1 orang leader utama bernama S.Coups, dan tiap unitnya pun memiliki leader-nya masing-masing. Walau baru berusia sekitar 2 tahun, Seventeen kini menjadi salah satu grup Kpop paling populer dengan fanbase yang cukup kuat. Lagu-lagu andalan Seventeen seperti ‘Very Nice’, ‘Don’t Wanna Cry’, atau ‘Clap’ menjadi lagu yang cukup sering didengar oleh para pencinta Kpop hingga saat ini.

%d bloggers like this: