Ini Lho Alasan BTS Ogah Bikin Lagu Bahasa Inggris

BTS kini tak hanya populer di Korea Selatan tapi juga di mancanegara. Sejak diundang ke American Music Awards 2017 dan tampil di berbagai acara talk show Amerika, tak sedikit orang yang bertanya-tanya kenapa grup ini tidak menciptakan lagu dalam lirik berbahasa Inggris.

Sudah bukan rahasia lagi bila penyanyi asal Asia rela menyanyikan lagu berbahasa Inggris agar lebih mudah diterima oleh pasar Amerika, tapi rupanya hal ini tidak berlaku bagi BTS. Bang Shi Hyuk, produser sekaligus bos Big Hit Entertainment menegaskan bahwa BTS tidak pernah menargetkan diri untuk masuk pasar musik Amerika dan berpromosi di sana.

“(Penampilan BTS) di Billboard, AMAs, dan penampilan di tiga acara talk show di Amerika adalah karena BTS memang diundang, bukan karena BTS yang berusaha masuk (pasar Amerika),” kata Bang Shi Hyuk.

“Mengincar pasar Amerika berarti menjalin kontrak dengan perusahaan Amerika dan menyuruh para member (BTS) untuk menyanyikan lagu berbahasa Inggris, itu sudah bukan K-Pop lagi. Itu adalah artis Amerika dan bagaimana penyanyi debut di sana, tapi bukan K-Pop.”

“Tidak ada aturan bahwa mereka harus menyanyi bahasa Inggris. Walau mereka menyanyi dalam bahasa Korea, toh penggemar luar negeri menyukainya.”

Bang Shi Hyuk juga menambahkan bahwa bahasa bukanlah penghalang untuk menikmati sebuah karya musik. Buktinya, banyak orang luar negeri yang menyukai lagu-lagu BTS dan memahami makna di dalamnya. Apalagi dengan perkembangan teknologi seperti sekarang, mencari tahu terjemahan lagu bukanlah sesuatu yang sulit.

“Orang-orang juga bisa menyanyikan lagu (BTS) tanpa harus mengerti bahasanya. Kurasa makna dan ketulusan jauh lebih penting bagi ARMY di seluruh dunia. Mereka mendapat ketenangan dan semangat dari lagu BTS,” katanya.

“Ada orang yang hanya mendengarkan lagu dan menikmati penampilan (BTS), dan bagi mereka yang ingin mengerti arti liriknya bisa melihat terjemahannya di YouTube dengan mudah.”

%d bloggers like this: