Kritikus Musik: BTS Selamatkan Musik K-Pop yang Mulai Menurun

Sempat dipandang remeh di awal debut, BTS kini jadi salah satu boy group paling berpengaruh di dunia musik K-Pop. Album terbaru mereka, Love Yourself: Her, menorehkan sejumlah prestasi yang mungkin cukup sulit diraih oleh kebanyakan grup.

Sebelum dirilis, jumlah pre-order album BTS sudah mencapai lebih dari 1 juta kopi. Album inipun diketahui sukses terjual 750 ribu kopi di minggu pertama perilisannya. Bahkan baru-baru ini Gaon mengungkap angka penjualan album BTS, dan album Love Yourself: Her rupanya sudah terjual lebih dari 1,2 juta kopi hanya dalam waktu 13 hari.

Menurut Gaon, ini adalah sejarah baru dalam 16 tahun terakhir dan membuat BTS menjadi grup pertama setelah g.o.d yang mampu memiliki angka penjualan sefantastis itu di bulan pertama perilisannya. Di tahun 2001 silam, g.o.d sendiri pernah mengukir rekor dengan menjual 1,4 juta kopi album keempatnya di bulan pertamanya.

Selain penjualan album, BTS diketahui berhasil menembus Billboard’s Hot 100 Chart dengan lagu DNA. Tak hanya sebentar, DNA bahkan bertahan di chart tersebut selama 3 minggu berturut-turut. Menarik lagi, BTS sukses memecahkan rekor sebagai grup K-Pop dengan ranking tertinggi di Billboard Hot 100. Rekor sebelumnya sempat dipegang oleh Wonder Girls dengan lagu Nobody di tahun 2009 silam.

Baca Juga: Bagi BTS, Grup Ini Jadi Rival Terberat Mereka di Dunia Kpop

Seolah belum cukup, BTS kembali membuat kehebohan ketika mereka menjadi topik utama dalam salah satu artikel Grammy. Walau hanya sebuah artikel, Grammy selalu dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi seorang musisi dan ini pertama kalinya Grammy menyoroti musik K-Pop, karena itu tak heran bila banyak orang menduga kalau BTS punya peluang untuk menjadi salah satu nominasi di Grammy Awards.

Menanggap semua prestasi BTS, kritikus musik Im Jin Mo tak ragu mengatakan kalau BTS sudah termasuk sebagai artis sukses di Korea Selatan. Bahkan ia menilai kalau BTS seoalh membuat standar baru di industri musik K-Pop.

“Ada dua kriteria agar bisa disebut artis sukses, yaitu merajai penjualan album dan terdaftar di chart Billboard. BTS mampu mencapai keduanya,” kata Im Jin Mo.

“Sekarang BTS resmi menjadi wajah baru K-Pop. Grup itu membuat pengaruh besar dalam membentuk dan menata ulang industri ini. Sebelum BTS, banyak yang mengira kalau K-Pop sudah mulai menurun, tapi sepertinya BTS berhasil menghembuskan nafas baru ke industri musik.”

“Kekuatan terbesar mereka adalah kemampuan mereka untuk bersimpati pada orang lain lewat musik. Mereka mampu mengungkapkan motif umum seperti masa muda, cinta, dan lainnya dengan cara yang unik. Lirik mereka juga puitis dan menampilkan gagasan filosofis yang menggambarkan kecerdasan, mungkin terinspirasi oleh novel 1Q84 Haruki Murakami yang kemudian sangat dihormati penggemar.”

%d bloggers like this: