Lagu Baru Jonghyun Dicekal KBS Gara-gara Pakai Bahasa Jepang

Album terbaru Jonghyun SHINee, Poet|Artist, baru saja dirilis, bahkan dua lagunya yang bertajuk Shinin’ dan Before Our Spring sudah memiliki video klipnya sendiri. Di tengah-tengah kegembiraan para penggemar, KBS justru memutuskan untuk mencekal satu lagu milik Jonghyun. Alasannya, karena lagu tersebut mengandung lirik berbahasa Jepang.

Lagu yang dimaksud adalah lagu Rewind yang termasuk dalam album Poet|Artist. KBS menyatakan bahwa lagu tersebut tidak cocok ditayangkan di stasiun televisi mereka karena adanya lirik bahasa Jepang yang apabila diartikan akan berbunyi ‘satu, dua, tiga, sekali lagi‘.

Selama ini KBS memang dikenal cukup ketat dalam menyeleksi lagu-lagu dari para musisi, mereka juga tak jarang mencekal sejumlah lagu dengan alasan yang beragam. Biasanya lagu yang dilarang tayang adalah lagu-lagu yang mengandung lirik vulgar, mengandung umpatan, atau justru menyebutkan sebuah merek tertentu.

Meski tidak ada lirik kasar/vulgar, netizen menduga bahwa pencekalan lagu Jonghyun ini berkaitan dengan hubungan Korea Selatan dan Jepang yang memang masih agak ‘dingin’ karena sejarah pahit di masa lalu. Tapi sebagian penggemar beranggapan kalau melarang lagu Jonghyun hanya karena lirik bahasa Jepang adalah tindakan yang berlebihan.

Bagaimana menurut kalian?

%d bloggers like this: