Lecehkan Agama, Joshua Suherman Dilaporkan ke Polisi oleh FUIB

Dalam hal apapun, kita semua sepakat bahwa mengungkit-ungkit masalah SARA adalah sesuatu yang dilarang, pasalnya SARA adalah hal yang sensitif dan bisa menyinggung pihak lain. Namun sepertinya aturan ini tidak berlaku di dunia lawak, khususnya stand up comedy. Berdalih hanya untuk candaan, para komika dengan leluasa membawa-bawa masalah SARA hingga akhirnya mengundang kritik pedas banyak orang.

Hal inilah yang terjadi pada Joshua Suherman sekarang. Joshua yang dulu dikenal sebagai penyanyi cilik tersebut kini sedang tersandung masalah. Pelantun Diobok-obok yang menjalani profesi sebagai komika ini dianggap melecehkan agama Islam hingga harus berurusan dengan polisi.

Dalam salah satu penampilannya saat stand up comedy, Joshua Suherman sengaja membawa-bawa materi agama dalam guyonannya sambil membanding-bandingkan Anisa Rahma dan Cherly (personel Cherrybelle yang non-Islam). Dalam candaannya, Joshua mengataka bahwa Anisa tidak akan bisa dikalahkan oleh Cherly dalam hal apapun karena Anisa memeluk agama Islam yang merupakan agama mayoritas di negeri ini.

Hal ini tentu saja langsung menyulut kemarahan banyak orang karena Joshua dianggap menyindir Islam. Bahkan Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) memutuskan untuk melaporkan Joshua ke polisi dengan tuduhan pelecehan agama.

“Pelecehan agama yang dilakukan Joshua Suherman melalui media televisi, yaitu Stand Up Comedy, di mana beliau menyatakan bahwa agama Islam adalah merupakan salah satu yang sulit untuk dikalahkan, yaitu mayoritas-mayoritas,” kata Rahmat Imran selaku juru bicara seperti dikutip dari Liputan6.com.

Joshua Suherman bukanlah satu-satunya komika yang tersandung masalah agama saat ini. Komika lainnya bernama Ge Pamungkas juga ikut terseret masalah yang sama. Dalam salah satu lawakannya, Ge menyindir para netizen dalam menyikapi politik. Sayangnya, ia justru mengungkit-ungkit dalil agama seolah sedang menyindir umat Islam dan Tuhannya.

“Sesungguhnya Allah akan memberikan cobaan yang Dia cintai. Cinta apaan?!” katanya.

%d bloggers like this: