Punya Teman dengan Ciri-Ciri Seperti Ini? Jauhi Aja!

Kita memang harus bisa berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan mereka, tapi kita juga harus tetap ingat dengan ungkapan ‘pandailah memilih-milih teman’, karena ternyata ada lho orang-orang yang memang tidak pantas kita jadikan teman dan sebaiknya kita jauhi. Orang seperti apa sih yang dimaksud?

1. Selalu ada dalam suka…bukan duka

Seorang teman apalagi sahabat seharusnya selalu ada dalam setiap keadaan, baik suka maupun duka. Kalaupun dia tidak bisa memberikan banyak bantuan saat kita sedang kesusahan, setidaknya dia selalu menemani kita, menanyakan kabar kita, atau terus memberikan kita semangat. Tapi jika si dia cuma ada di samping kalian ketika kalian sedang bahagia, jangan pernah ragu untuk menjauhinya.

2. Datang kalau lagi butuh

Teman yang seperti ini nih yang harus cepat-cepat dijauhi kalau kalian enggak mau rugi. Orang yang hanya menghubungi kalian ketika mereka butuh sebenarnya tidak pernah benar-benar sayang atau perhatian sama kalian.

3. Suka ‘bocor’

Punya teman yang suka bocorin rahasia? Segera jauhi dia! Atau kalau kalian tidak tega dan masih ingin berteman dengannya, setidaknya jangan pernah curhat atau mengatakan rahasia apapun kepadanya.

4. Memberi pengaruh negatif

Teman yang baik adalah yang selalu memberi pengaruh positif dan menegurmu ketika kamu melakukan kesalahan. Jika ada temanmu yang mengajakmu berbuat buruk, jangan langsung menurutinya hanya karena dia temanmu. Percayalah, teman seperti itu hanya akan merugikan kalian.

5. Selalu memanfaatkanmu

“Eh, bayarin dulu ya, lagi bokek, nih.”

“Jemput aku tiap hari, dong!”

“Pinjem duit, ya.”

Familiar dengan kata-kata seperti itu? Yaa…kalau hanya sesekali sih tidak masalah, tapi kalau ada teman yang berkali-kali mengatakan hal-hal semacam itu, patut dicurigai. Dia memang benar-benar butuh atau hanya memanfaatkan kamu saja?

%d bloggers like this: