Sering Muntah, Ternyata Perut Wanita Ini Dipenuhi dengan Rambut

Seorang wanita 20 tahun yang berasal dari India mengeluh sakit perut dan sering mengalami muntah-muntah. Setelah menjalani pemeriksaan, ternyata wanita ini menderita sindrom Rapunzel yang sangat langka terjadi pada manusia. Sindrom ini menyebabkan si penderita memakan atau menelan rambutnya sendiri hingga akhirnya rambut-rambut tersebut akan menumpuk di dalam perutnya.

Wanita inipun kemudian langsung menjalani operasi untuk segera mengeluarkan rambut yang bersarang di perutnya. Setelah dikeluarkan, barulah diketahui bahwa ada gumpalan rambut besar seberat 750 gram yang memenuhi usus si wanita tersebut.

“Saat diperiksa, ada benjolan keras di perut bagian atas pasien. CT Scan menunjukkan massa rambut yang sangat besar, berbentuk seperti rongga perut dan membentang melalui usus dua belas jari hingga usus halus bagian atas,” kata Dr Bharat Kamath seperti dikutip dari The Sun.

Baca Juga: Wanita Ini Nekat Bugil di Jalanan Demi Eksperimen Sosial, Bagaimana Hasilnya?

Menurut sang dokter, operasi yang berlangsung tanggal 31 Agustus lalu itu berjalan dengan baik dan pasien sedang menjalani masa pemulihan. Sementara itu, Dr Bharat mengungkapkan bahwa kasus seperti ini cukup langka. Kalaupun ada orang yang memiliki gumpalan rambut di perutnya, biasanya yang ditemukan hanyalah gumpalan kecil yang tidak memerlukan operasi untuk mengambilnya.

“Kasus seperti ini baru pertama kali terjadi di rumah sakit kami,” katanya. “Bola rambut ukuran kecil adalah hal yang biasa terjadi, itu juga tidak butuh operasi dan bisa diangkat dengan prosedur endoskopi.”

“Tapi ketika bola rambut itu semakin besar hingga berbentuk seperti rongga perut, tidak ada ruang lagi di perutnya. Pasien seperti itu tidak bisa menahan makanan dan memuntahkannya, mereka tidak bisa istirahat dan tidak bisa makan sehingga menyebabkan hemoglobin menurun.”

%d bloggers like this: