Tips Agar Kuat Puasa di Bulan Ramadhan

Seperti ibadah lainnya, puasa tidak seharusnya menjadi sebuah beban. Tapi memang tak bisa dipungkiri, ada sebagian orang yang merasa berat menjalankan puasa karena beberapa faktor, mulai dari kondisi kesehatan, kebiasaan/gaya hidup, hingga karena faktor-faktor lainnya.

Nah, buat kamu yang ingin kuat puasa dan tubuh tetap bugar, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

  • Jangan makan sahur terlalu awal

Sahur yang paling ideal adalah di akhir waktu. Misalnya waktu imsak jatuh di pukul 04.30, maka akan lebih baik bila kamu mulai makan sekitar 30 menit sebelumnya atau pukul 04.00. Tapi kalau kamu bertugas memasak atau menyiapkan sahur, tetap bangun lebih awal, ya!

  • Sahur dengan makanan bergizi

Banyak yang beranggapan bahwa makan banyak saat sahur maka akan semakin kuat berpuasa, padahal tidak juga, lho! Yang terpenting bukanlah kuantitas, melainkan kualitas. Usahakan untuk makan sahur dengan gizi seimbang, diawali dengan buah-buahan, lalu bisa dilanjut dengan makanan berkarbohidrat, penuh vitamin, serat, dan protein. Sebisa mungkin hindarilah mengonsumsi makanan yang kurang sehat seperti mie instan.

  • Hindari tidur setelah sahur/shalat subuh

Salah satu kebiasaan buruk yang harus dihindari adalah tidur setelah sahur atau shalat subuh. Tidur di jam-jam ini justru akan membuat tubuh semakin lemas saat sudah bangun, apalagi tidur setelah makan juga tidak disarankan karena pencernaan tidak akan berlangsung optimal. Alih-alih tidur, sebaikya lakukan aktivitas kecil seperti membaca Al-Quran, jalan-jalan pagi, atau melakukan pekerjaan rumah yang ringan,

  • Jangan rakus saat berbuka!

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan waktu buka puasa sebagai momen ‘balas dendam’, tapi kalian jangan ikut-ikutan! Saat waktu berbuka datang, segera batalkan puasa dengan segelas air putih (air hangat lebih baik). Lanjutkan dengan makan buah-buahan seperti kurma, semangka, apel, atau buah apapun yang jadi favoritmu.

Percaya atau tidak, orang yang berpuasa biasanya akan terasa sedikit kenyang setelah minum air dan makan buah. Setelah itu segeralah shalat. Usai shalat, kamu bisa ‘makan besar’ dengan menu nasi, sayur, serta lauk pauk. Makanlah secukupnya agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

  • Isi waktu dengan kegiatan positif

Puasa bukanlah halangan untuk tetap beraktivitas, justru aktivitas positif sangat dianjurkan untuk mengisi waktu sehingga kamu lupa dengan rasa lapar dan haus. Jadi saat puasa, jangan hanya tidur, ya!

%d bloggers like this: